Wali Kota Airin Minta BUMD Tambah Pelanggan Air Hingga Empat Kali Lipat

TRIBUNJAKARTA.COM, PAMULANG – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, meminta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) untuk menggenjot jumlah pelanggan airnya.

Saat ini, PITS yang mengelola air minum menggunakan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) bekerja sama dengan PT Tirta Tangsel Mandiri itu baru memiliki 3.000 pelanggan di wilayah zona 3, wilayah Kecamatan PamulangCiputat dan Ciputat Timur.

Airin ingin BUMD satu-satunya di Tangsel itu melipatgandakan pelanggannya menjadi 14.000 pelanggan.

“Kalau masih 3.000 belum maksimal nih Pak. Minggu depan kita rapat untuk membicarakannya. Bisa buat 14.000 pelamggan, jni baru 3.000 kan sayang,” ujar Airin dalam sambutannya pada peresmian gedung kantor PT PITS di Pamulang, Jumat (28/8/2020).

Sementara, Direktur Utama PT PITS, Dudung E. Diredja, mengatakan, kendala pemasaran air saat ini karena Covid-19.

Dudung menjelaskan, potensi perusahaannya bisa memproduksi air minum dari perairan Kali Angke sebesar 300 liter per detik.

“Potensi 300 liter per detik itu setara dengan 33.500 sambungan rumah. Artinya 33.500 itu adalah warga yang bisa disuplai air minumnya di kita. Sekarang baru 3.000. Agak menurun ksrwna ada Covid-19,” ujar Dudung di lokasi yang sama.

Dudung pun akan menyusun rencana untuk memenuhi permintaan Airin.

“Arahan ibu wali kota, bagaiamana jita mensiasati itu supaya bisa masuk ke masyarakat. Sebelumnya kan ditolak masuk ke perumahan, kan sekarang sudah boleh,” ujarnya.

Dudung menegaskan, tambahan pelanggan tidak akan keluar dari wilayah zona 3.

“Kita tidak membangun jaringan distribusi utama itu keluar dari tiga wilayah tadi,” ujarnya.

https://jakarta.tribunnews.com/2020/08/28/wali-kota-airin-minta-bumd-tambah-pelanggan-air-hingga-empat-kali-lipat

Penulis: Jaisy Rahman Tohir



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *